Perawatan Luka Modern CWCCA

04
Apr
2018

Perawatan Luka Modern CWCCA

Perawatan Luka Modern CWCCA

Mengapa Perawat Luka Menjadi Profesi Kekinian?

 

Bidang perawatan luka semakin berkembang dan diakui sebagai spesialisasi perawatan kesehatan khusus sehingga menjadi keharusan untuk menentukan kompetensi praktik bagi semua profesional perawatan luka (Corbett, L. Q., 2011). Selama ini profesi perawat telah turut berperan dalam praktik perawatan luka dalam memberikan asuhan keperawatan. Namun perawatan luka memiliki berbagai tingkat lisensi, sertifikasi, dan lingkup praktik (Corbett, L. Q., 2011) sehingga praktik keperawatan lanjutan (advanced nursing) dalam spesialisasi perawatan luka perlu mendapat perhatian.

 

Penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa perawat luka tersertifikasi menunjukkan pengetahuan yang unggul dibandingkan dengan perawat yang tidak tersertifikasi. Perawat yang tersertifikasi perawatan luka mengkaji pressure ulcer dan status vaskular ekstremitas bawah lebih akurat dibandingkan perawat yang tidak bersertifikasi (Zulkowski K, et al., 2007 dalam Corbett, L. Q., 2011). Dengan fokus pada keselamatan pasien dan kinerja hasil, peluang kerja untuk perawat luka bersertifikat meningkat di rumah sakit, home care, dan pusat luka rawat jalan, selain itu juga terbuka peluang untuk membuka praktik mandiri perawatan luka.

 

Certified Wound Care Clinician Associate (CWCCA) bisa menjadi langkah awal bagi seorang perawat profesional untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda terkait perawatan luka. Pelatihan perawatan luka modern ini akan membuka pikiran dan peluang praktik mandiri perawat yang mungkin belum Anda bayangkan. Meningkatnya kemampuan dan pengetahuan perawat profesional dalam melakukan intervensi perawatan luka yang optimal menjadi peluang bagi perawat untuk berkolaborasi memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, klien, maupun keluarga.

 

Pernahkah Anda membayangkan merawat luka pasien pada kasus-kasus luka diabetes yang difonis amputasi, pasien dengan colostomy bag dengan luka infeksi, atau luka infeksi pos-operasi? Bayangkan Anda merawat mereka hingga lukanya sembuh. Ilmu dan keahlian khusus tentang perawatan luka akan membuat penatalaksanaan yang Anda berikan tepat dan efektif dalam proses penyembuhan luka.

 

Perawatan luka merupakan lahan praktik perawat, artinya seorang perawat profesional yang telah tersertifikasi perawatan luka dapat membuka praktik mandiri perawatan luka dengan memenuhi ketentuan pendirian praktik mandiri. Selain dapat diaplikasikan di tempat Anda bekerja saat ini, menjadi perawat spesialis luka juga membuka peluang untuk Anda praktik mandiri. Pekerjaan yang mulia dengan memberikan pelayanan yang aman dan efektif bagi pasien dapat memberi Anda nilai plus yang banyak diimpikan perawat. Bahkan jika Anda memiliki keinginan belajar lebih dalam lagi, Anda bisa mengikuti pelatihan perawat luka di tingkat internasional dan menjadi praktisi perawat luka dengan ilmu dan kemampuan yang lebih bermanfaat lagi.

 

The cost is like a "relativity", while knowledge is a long-lasting investment.

-T.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar